Minggu, 03 Februari 2013

BITS

BITS

BITS Adalah singkatan dari Bengkel Inovasi Teknik Sipil yang tujuannya adalah sebagai wadah untuk menampung dan memfasilitasi inovasi-inovasi mahasiswa sipil polinema dalam dunia keteknik sipilan. Dalam struktur organisasi HMS Bengkel Inovasi Teknik Sipil berada di bawah garis koordinasi dengan bidang Litbang. Ini berarti meskipun pada dasarnya BITS mempunyai anggota yang terdiri dari mahasiswa gedung non-fungsionaris namun penanggung jawab dari BITS tetap ditunjuk dari fungsionaris HMS sendiri, khususnya dari bidang Penelitian dan Pengembangan sebagai badan pengawas dari BITS sendiri.
Sejarah dari didirikannya BITS pada awalnya dikarenakan tingginya minat mahasiswa-mahasiswa gedung terhadap lomba-lomba teknik sipil yang diadakan oleh politeknik/universitas lain. Namun sayangnya minat mereka yang tinggi tidak mendapat dukungan yang mencukupi, oleh karena itu dibentuklah Bengkel Inovasi Teknik Sipil untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh semua delegasi lomba. Kebutuhan disini yang dimaksud mencakupi mulai dari pembekalan teori yang nantinya akan dibantu oleh pihak dosen, fasilitas bengkel apabila dibutuhkan pengerjaan maket, pengajuan permohonan dana, dan lain-lain.

Fungsi asli dari BITS sendiri adalah dapat dikatakan sebagai kelompok belajar yang mengembangkan inovasi-inovasi yang dimiliki oleh mahasiswa gedung. Akan tetapi tidak hanya itu saja, BITS mempunyai time schedjule tersendiri dan kegiatan rutin seperti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan dunia teknik sipil tapi diluar dari mata pelajaran yang diberikan di bangku kuliah. Hal ini dimaksudkan agar anggota BITS berkembang ilmu pengetahuannya seperti  salah satu tujuan dari bidang Litbang sendiri yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan mahasiswa baik fungsionaris maupun non-fungsionaris.

0 komentar: