Minggu, 03 Februari 2013

Bidang Pembinaan & Penalaran

BIDANG PEMBINAAN DAN PENALARAN(PP)


Adalah salah satu bidang yang ada di himpunan mahasiswa sipil dimana bidang ini bertanggung jawab terhadap pembentukan kualitas anggota himpunan baik anggota pasif(mahasiswa jurusan )maupun anggota aktif(fungsionaris hms).oleh karenanya bidang ini beruang lingkup di jurusan sipil polinema(extern)dan di dalam himpunan sendiri(intern).
Di djurusan,sesuai porsi bidang PP di atas,bidang ini berfungsi sebagai mediator penghubung antara mahasiswa untuk jurusan dan sebaliknya,bekerja sama dengan jurusan untuk meningkatkan kualitas jurusan ,wadah  aspirasi warga jurusan ,membantu setiap permasalahan mahasiswa yang berkenaan dengan kegiatan perkuliahan di jurusan sipil polinem
Sedangkan di dalam himpunan bidang ini berfungsi sebagai stabilitator jalanya kepengurusan hms,problem solving,dan yang utama membentuk pola pikir dan karakter setiap fungsionaris hms sesuai dengan tujuan himpunan yang termaktub dalam AD/ART himpunan mahasiswa sipil.

Guna mencapai tujuan dan fungsi bidang pp tersebut,ada 4 program  kerja bidang pp,yaitu
1.    Dialog Dosen Mahasiswa
2.    Kuliah tamu
3.    Pra study
4.    Study excursie

Program Kerja


1.    Dialog Dosen Mahasiswa

DDM merupakan suatu proker bidangg PP yang tiap tahun diadakan dalam rangka memperbaiki kualitas jurusan teknik sipil baik dalam hal pendidikan maupun sarana dan prasarana.
DDM diadakan atas kerjasama pihak jurusan dan HMS yang mana merupakan salah satu fasilitator bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapat, saran, dan kritik terhadap jurusan teknik sipil, baik dalam segi akademik maupun non akademik.
DDM setiap tahunnya wajib dihadiri oleh semua warga jurusan teknik sipil karena kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi bagi semua kalangan, baik mahasiswa, pihak pengajar, maupun bagian administrasi lain yang terlibat dalam kegiatan perkuliahan sehari-harinya.



2.    Pra Studi

Pras studi atau ordik merupakan suatu proker dalam rangka menyambut datangnya mahasiswa baru di jurusan teknik sipil.
Adapun tujuan dari kegiatan  pra studi itu sendiri yaitu mengenalkan karakter dari jurusan teknik sipil itu dan mempererat hubungan maupun meningkatkan kerja sama yang bertujuan positif antar mahasiswa tersebut.



3.    Kuliah Tamu

Dari kata kuliah tamu itu sendiri bias dijelaskan bahwa proker ini adalah suatu bentuk pengajaran yaitu kuliah. Hanya saja dalam pengajaran ini yang memberikan perkuliahan merupakan narasumber dari luar yang diundang untuk menyampaikan ide ataupun hak paten suatu inovasi baru di dunia teknik sipil.
Perbedaan kuliah tamu dan kuliah biasa yaitu pada kuliah biasa kita selalu diajarkan selalu tentang teori, sedangkan pada kuliah tamu, biasanya pembahasannya mengenai suatu inovasi yang ada dan sedang popular di bidang  teknik sipil baik berupa ide, sudah dipraktekan ataupun sudah dipatenkan kepemilikan dan penggunaannya.



4.    Study Excursie

Merupakan proker terakhir yang ada di bidang PP HMS POLINEMA yang mana kegiatan ini juga berhubungan dengan jurusan.
Dalam proker ini, HMS mengajak mahasiswa tingkat 2 akhir untuk melakukan perjalanan ke luar menuju ke proyek-proyek besar yang masih dalam tahap pengerjaan  dan ke suatu industry yang berhubungan dengan teknik sipil.
Disini, mahasiswa diajak untuk melhat langsung bagaimana keadaan sesungguhnya di lapangan sehingga diharapkan mahasiswa dapat membandingkan teori  yang ada di bangku perkuliahan dengan semua praktek yang ada di lapangan, dan mengetahui seberapa jauh teori di kuliah dapat diterapkan di lapangan proyek yang sesungghnya.
Proker ini juga diharapkan dapat mempermudah mahasiswa yang ingin bekerja ataupun PKL di proyek maupun industri yang telah dikunjungi tersebut sehingga dapat membuka wawasan mereka tentang teknik sipil yang luas.

0 komentar: