Minggu, 03 Februari 2013

Bidang Rumah Tangga

Bidang Rumah Tangga

Rumah tangga? Menurut anda siapakah peran tertinggi di keluarga kalian? Sama seperti pengertian seorang ibu. Bidang ini mengurusi segala sesuatu bagian Interen di HMS tentunya, baik dari segi keanggotaan dan pemahaman administrasi kesekretariatan.
Tugas utama daripada bidang ini adalah mengayomi anggota fungsionaris HMS. Menciptakan hubungan harmonis Saling percaya satu sama lain, adakan komunikasi. sesama fungsionaris sendiri seperti halnya hidup bersama keluarga
Dilihat dari segi pengertian dan tugas utama bidang ini sebuah peran RT. Dewasa ini sering kali kita mendengar para praktisi SDM yang mengatakan bahwa SDM adalah aset yang harus dikelola dengan baik, atau bahasa yang lagi ngetrend adalah SDM sebagai Human Capital, Mengayomi anggota sama pengertiannya RT disini menjadi seorang yang dituntut menjadi seorang praktisi SDM.

Program Kerja


1.    Serah Terima Jabatan

Memasuki tahun ajaran akademik baru, banyak organisasi kemahasiswaan di Polinema yang melakukan prosesi pengukuhan anggotanya. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi proses regenerasi demi keberlangsungan organisasi tersebut. Salah satunya yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMJ HMS).                Dalam sebuah perkumpulan atau organisasi diperlukan adanya sebuah sistem yang disebut kaderisasi. Kaderisasi berfungsi sebagai alat untuk membina dan memberdayakan anggota baru dan selanjutnya diproyeksikan berdasarkan loyalitas dan kemampuan kader. Untuk itulah calon anggota baru ini akan dikukuhkan.



2.    Dies Natalis HMS

Peringatan hari lahir (dies natalis) dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan. Karena itu, biasanya peringatan tersebut dirayakan dengan penuh syukur dan kebahagiaan. Bertambahnya usia selalu dibarengi dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan. Tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan.
Bagi HMS, dies natalis punya makna penting "bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tapi juga penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Keberadaan HMS yang sekarang berusia 29 tahun menjadi daya tarik di tengah persaingan yang makin ketat di antara Himpunan Mahasiswa Jurusan negeri maupun swasta.  Mulai dari segi program kerja, kuantitas, kualitas, dan lain-lain. Akan tetapi, HMS juga menghadapi tantangan berat karena di era keterbukaan informasi seperti sekarang.
Dengan ini diadakannya program kerja ini ”dies natalis”, kami mengharapkan dari semua kekurangan baik dari segi kinerja, kualitas, dan kuantitas, semua itu tidak menjadi kekurangan HMS seterusnya. Semoga HMS Polinema makin Ridgid


3.    Pelepasan Fungsionaris HMS

Salah satu proker HMS dimana dilakukan pada akhir periode jabatan untuk melepas fungsionaris HMS menjadi Alumni HMS adalah Pelepasan Fungsionaris HMS.


4.    Buka Bersama

Buka puasa bersama ini tentunya sangatlah baik untuk mengisi ibadah puasa. Buka puasa sebagai bagian dari aktivitas di bulan Ramadhan, juga merupakan upaya meraih subhikmah berpuasa, yang di dalam buka puasa bersama pun terkandung hikmah tersendiri yang lebih spesifik. Buka bersama adalah proker HMS yang dilakukan di bulan puasa. disamping bertujuan mempererat silaturrahmi fungsionaris HMS, diharapkan saling meningkatkan komitmen bersama antar fungsionaris.


5.    Diklat Open Recruitment

Untuk mempersiapkan kader-kader penerus generasi disinilah diadakannya Diklat Open Recruitment.
Beberapa materi yang terkait dengan trust building, teamwork, leadership, problem solfing, diselipkan. Lagipula HMS adalah wadah aktifitas dan berkarya yang harapannya tidak hanya  menjadi fungsionaris yang bisa mengemban tanggung jawab demi kelangsungan HMS selanjutnya. Tidak hanya itu menjadi fungsionaris yang dapat mempengaruhi seluruh elemen khususnya di HMS sendiri. ada hal hal yang perlu tetap dijaga dan tetap perlu ditanamkan bahwa HMS adalah suatu organisasi kemahasiswaan ,suatu elemen yang memiliki peran strategis dalam berkarya dan pendidikan.


6.    Ridgid Magazine

Terbatasnya informasi yang bisa kita dapat adalah masalah besar yang harus jadikan solusi. Ridgid Magazine dibuat untuk itu, Ridgid Magazine yang sebenarnya adalah mading (majalah dinding) dengan harapan dapat menjadi sumber informasi khususnya di jurusan teknik sipil. Berbagai macam isi informasi baik, Informasi lomba, kegiatan Himpunan, Dokumentasi kegiatan, karya mahasiswa beruba hiburan dll. Harapannya adalah Ridgid Magazine mengubah suasana di jurusan dan mahasiswa untuk lebih berinteraksi dengan informasi yang harus diketahui sebagai mahasiswa jurusan teknik sipil.


7.    Kerohanian

Siapa yang tidak lepas dari Kerohanian, semua orang  pastinya butuh yang namanya pencerahan, beberapa acara Kerohanian yang dilakukan adalah seperti Yasinan Bersama, Sholat Berjamaah. Dengan mengharapkan Tuhan Yang Maha Esa, sebagai rasa syukur dan berdoa demi kelangsungan hidup selanjutnya.


8.    Regenerasi

Perlu dicatat, regenarasi berasal dari kata generasi. gen adalah keturunan, pewaris atau penerus. Sementara kata "re" bisa diartikan "kembali", "ulang" atau sejenisnya. sehingga regenerasi adalah usaha untuk mengulangi kembali sesuatu dengan yang baru yang merupakan penerusnya atau keturunannya. Regenerasi disini dikenal sebagai mempersiapkan kader pemimpin ketua HMS Polinema.


9.    Makra

Malam keakraban (makra) adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa untuk mendekatkan mahasiswa baru (maba) dengan mahasiswa lama (senior). Tujuan acara ini baik atau tidaknya tergantung dari panitia dan peserta. Saya sendiri menilai acara ini baik dan sangat bermanfaat karena sesuai dengan namanya yaitu malam keakraban, dimana junior bisa lebih dekat lagi dengan senior. Dengan adanya acara ini jarak kesenjangan antara senior akan berkurang atau bahkan senioritas bisa terhapuskan.



10.    Laporan Pertanggungjawaban

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) adalah sebuah dokumen tertulis yang berisi laporan kegiatan yang sudah usai dilaksanakan. LPJ berisi evaluasi dan juga realisasi anggaran (beserta bukti pembayaran setiap transaksi). Selain sebagai bentuk pertanggung jawaban terhadap baik HMS sendiri, LPJ juga diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi kepanitiaan/organisasi jika ingin mengadakan kegiatan sejenis di masa depan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tetep